KurikulumAkademik
Program Studi Teknik Informatika
Dasar Hukum
Landasan Kurikulum
Undang-Undang No. 12 Tahun 2012
tentang Pendidikan Tinggi
Peraturan Presiden No. 8 Tahun 2012
tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)
Ketentuan Akademik:
- 1
Masa studi maksimal 7 tahun, dengan beban SKS minimum kelulusan 144 SKS.
- 2
SKS = takaran waktu belajar yang dibebankan kepada mahasiswa seminggu.
- 3
1 SKS pada proses pembelajaran berupa kuliah, responsi, atau tutorial:
- Tatap muka 60 menit / mgg / smt
- Penugasan terstruktur 60 menit / mgg / smt
- Kegiatan Mandiri 60 menit / mgg / smt
- 4
Mahasiswa mengambil paket 20 SKS pada semester I dan 21 SKS pada semester II.
- 5
Pada semester III dan seterusnya, jumlah SKS sesuai Indeks Prestasi Semester (IPS).
- 6
Mahasiswa memilih minat studi pada Semester III.
Profil Lulusan
Kode | Deskripsi | Profesi Lulusan |
---|---|---|
PL01 | Lulusan memiliki kemampuan menganalisis persoalan computing serta menerapkan prinsip-prinsip computing dan disiplin ilmu relevan lainnya untuk mengidentifikasi solusi bagi organisasi. | AI Engineer Software Engineer Cybersecurity Analyst IOT Engineer Game Developer |
PL02 | Lulusan memiliki kemampuan mendesain, mengimplementasi dan mengevaluasi solusi berbasis computing yang memenuhi kebutuhan pengguna dengan pendekatan yang sesuai. | |
PL03 | Lulusan memiliki kemampuan berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika untuk menyelesaikan masalah nyata. | |
PL04 | Lulusan memiliki kemampuan menunjukkan sikap: religius, disiplin, bertanggung jawab, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, saling menghormati, dan taat hukum dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara berdasarkan nilai-nilai Pancasila. | |
PL05 | Lulusan memiliki kemampuan menganalisis kebutuhan dan mendesain solusi menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk menjalankan bisnis secara digital. |
Profil Lulusan
PL01
Lulusan memiliki kemampuan menganalisis persoalan computing serta menerapkan prinsip-prinsip computing dan disiplin ilmu relevan lainnya untuk mengidentifikasi solusi bagi organisasi.
PL02
Lulusan memiliki kemampuan mendesain, mengimplementasi dan mengevaluasi solusi berbasis computing yang memenuhi kebutuhan pengguna dengan pendekatan yang sesuai.
PL03
Lulusan memiliki kemampuan berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika untuk menyelesaikan masalah nyata.
PL04
Lulusan memiliki kemampuan menunjukkan sikap: religius, disiplin, bertanggung jawab, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, saling menghormati, dan taat hukum dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara berdasarkan nilai-nilai Pancasila.
PL05
Lulusan memiliki kemampuan menganalisis kebutuhan dan mendesain solusi menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk menjalankan bisnis secara digital.
Prospek Karir Lulusan
Capaian Pembelajaran
Kode | Deskripsi |
---|---|
CPL01 | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, taat hukum, dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. |
CPL02 | Menunjukkan sikap profesional dalam bentuk kepatuhan pada etika profesi, kemampuan bekerjasama dalam tim multidisiplin, pemahaman tentang pembelajaran sepanjang hayat, dan respon terhadap isu sosial dan perkembangan teknologi. |
CPL03 | Mampu menjelaskan cara kerja sistem komputer dan mampu menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk memecahkan masalah pada suatu organisasi. |
CPL04 | Mampu menganalisis persoalan computing yang kompleks untuk mengidentifikasi solusi pengelolaan proyek teknologi bidang informatika dengan mempertimbangkan wawasan perkembangan ilmu transdisiplin. |
CPL05 | Mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan Informatika dalam mendesain, mengimplementasi, dan mengevaluasi solusi berbasis computing multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan computing pada sebuah organisasi. |
CPL06 | Memiliki kemampuan manajerial tim dan kerja sama (team work), manajemen diri, mampu berkomunikasi baik lisan maupun tertulis dengan baik dan mampu melakukan presentasi. |
CPL07 | Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir atau artikel ilmiah. |
CPL08 | Mampu mengimplementasikan kebutuhan computing dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang sesuai. |
CPL09 | Mampu menganalisis, merancang, membuat, dan mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu transdisiplin. |
CPL10 | Mampu membangun dan mengimplementasi solusi berbasis sistem cerdas sesuai dengan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu pengetahuan. |
CPL11 | Mampu mendesain solusi berbasis inovasi dan kreatifitas untuk menjadi seorang wirausaha di bidang teknologi informasi. |
CPL01
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, taat hukum, dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
CPL02
Menunjukkan sikap profesional dalam bentuk kepatuhan pada etika profesi, kemampuan bekerjasama dalam tim multidisiplin, pemahaman tentang pembelajaran sepanjang hayat, dan respon terhadap isu sosial dan perkembangan teknologi.
CPL03
Mampu menjelaskan cara kerja sistem komputer dan mampu menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk memecahkan masalah pada suatu organisasi.
CPL04
Mampu menganalisis persoalan computing yang kompleks untuk mengidentifikasi solusi pengelolaan proyek teknologi bidang informatika dengan mempertimbangkan wawasan perkembangan ilmu transdisiplin.
CPL05
Mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan Informatika dalam mendesain, mengimplementasi, dan mengevaluasi solusi berbasis computing multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan computing pada sebuah organisasi.
CPL06
Memiliki kemampuan manajerial tim dan kerja sama (team work), manajemen diri, mampu berkomunikasi baik lisan maupun tertulis dengan baik dan mampu melakukan presentasi.
CPL07
Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir atau artikel ilmiah.
CPL08
Mampu mengimplementasikan kebutuhan computing dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang sesuai.
CPL09
Mampu menganalisis, merancang, membuat, dan mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu transdisiplin.
CPL10
Mampu membangun dan mengimplementasi solusi berbasis sistem cerdas sesuai dengan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu pengetahuan.
CPL11
Mampu mendesain solusi berbasis inovasi dan kreatifitas untuk menjadi seorang wirausaha di bidang teknologi informasi.
Daftar Mata Kuliah
Semester 1
Semester 1
Kalkulus
Fisika
Dasar Pemrograman
Keterampilan Interpersonal
Dasar - Dasar Komputasi
Bahasa Indonesia
Pendidikan Agama
Pengantar Teknologi Informasi
Mata Kuliah Peminatan
Mata Kuliah Peminatan RPLD
No | Kode | Mata Kuliah | SKS |
---|---|---|---|
1 | A11.64603 | Rekayasa Kebutuhan Perangkat Lunak | 3 |
2 | A11.64604 | Analisis dan Perancangan Berorientasi Objek | 3 |
3 | A11.64605 | Pemrograman Perangkat Bergerak | 3 |
4 | A11.64705 | Jaminan Kualitas Perangkat Lunak | 3 |
5 | A11.64706 | Pemrograman Sisi Klien | 3 |
6 | A11.64707 | Pemrograman Sisi Server | 3 |